Pro dan Kontra Siswa SMP mengendarai motor ke Sekolah

Bolehkah siswa SMP mengendarai motor ke Sekolah???
   
     Perkembangan alat transportasi yang semakin maju,kini siswa SMP tidak lagi berjalan kaki maupun bersepeda untuk pergi ke Sekolah. Mereka lebih memilih naik sepeda motor karena dianggap lebih efektif dan efisien.

    Sebagian besar siswa SMP berpikir bahwa dengan mengendarai sepeda motor ke sekolah akan menghemat waktu perjalanan. Hal ini dibuktikan apabila siswa berangkat ke sekolah menggunakan angkutan umum, itu akan memakan waktu yang cukup banyak karena biasanya angkutan umum tersebut harus menunggu penumpang lain hingga angkutan penuh. Belum lagi ada siswa yang jarak Rumahnya jauh dari sekolah dan tidak terjangkau rute angkutan umum.tentu dengan mengendarai sepeda motor ke sekolah siswa SMP tidak perlu memakan waktu cukup lama untuk berangkat sekolah.

    Selain menghemat waktu, dengan mengendarai sepeda motor ke sekolah siswa SMP tidak akan lagi merepotkan orang tua mereka untuk antar jemput sekolah setiap harinya terutama bagi para orang tua yang sibuk dengan pekerjaan maupun hal-hal lain.ditambah lagi tidak sedikit siswa yang mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan lain di luar sekolah, karena hal itu juga dengan mengendarai sepeda motor ke sekolah siswa bisa dengan mudah sampai ke tempat yang dituju dengan cepat dan mudah.

    walaupun terdapat dampak positifnya, mengendarai sepeda motor ke sekolah juga memiliki dampak negatifnya bagi siswa SMP. Mengingat hampir semua siswa SMP belum memiliki SIM,tidak sedikit pula orang tua siswa yang melarang anaknya mengendarai sepeda motor ke sekolah karena dianggap masih sangat berbahaya. Mereka khawatir akan terjadi hal-hal buruk yang menimpa sang anak saat di jalan. Hal tersebut didukung dengan banyaknya kabar kecelakaan motor yang sebagian besar dialami oleh para pelajar terutama siswa SMP.

    Karena mengendarai motor dianggap sangat mudah bagi siswa SMP,hal tersebut akan memicu siswa untuk melakukan hal-hal yang menantang atau membahayakan diri sendiri karena mereka bisa saja ingin keluar dari zona nyaman.Ditambah lagi dengan masa pubertas siswa SMP Mereka cenderung akan melakukan hal atau sesuatu yang dianggap keren.pergaulan yang cukup luas juga akan memicu siswa SMP untuk berpergian kemanapun mereka suka sehingga dapat menghawatirkan orang tua apabila mereka tidak izin terlebih dahulu.

    mengendarai sepeda motor ke sekolah memang memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa terutama siswa SMP. Namun,apabila siswa SMP dibiasakan antar jemput setiap hari justru hal tersebut dapat memanjakan siswa dan tidak mendukung siswa untuk mandiri. Dengan begitu, apabila siswa mengendarai sepeda motor ke sekolah tidak boleh hanya asal-asalan saja. Para siswa harus mengutamakan keselamatan dirinya dengan cara memakai helm saat berkendara, tidak kebut-kebutan, mematuhi aturan lalu lintas, dan tidak kalah penting adalah berdo'a agar diberi keselamatan saat di jalan.

    Itulah tadi tanggapan pro dan kontra mengenai boleh tidaknya siswa SMP mengendarai sepeda motor ke sekolah. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
   
     

Komentar